Selamat Datang di barajamanulih.blogspot.com (klik others untuk melihat tulisan lainnya. Semoga bermanfaat dan dapat menggali ilmu)

Kamis, 10 Januari 2013

Cara Untuk Mencari Perpangkatan dan Pengakaran di Ms Excel

       Sekedar berbagi ilmu. Untuk mencari perpangkatan di Ms Excel kita dapat menggunakan tanda (^). Misalnya kita ingin mencari hasil dari 2 pangkat 2. Formula yang kita gunakan adalah =2^2. Maka akan kita peroleh hasil = 4. Tanda ini juga bisa digunakan untuk mencari akar dari suatu bilangan. Akar dari suatu bilangan sama dengan pangkat setengah (1/2) dari bilangan tersebut. Contoh, untuk mencari akar sembilan kita buat =9^0,5 atau =9^(1/2). Jangan lupa untuk memberi tanda (). Jika tidak diberi tanda () maka hasil yang diperoleh akan berbeda. Apabila bilangan yang hendak kita cari adalah akar 3 dari 27 maka rumus yang kita gunakan adalah =27^(1/3). Maka akan kita peroleh hasilnya = 3.
       Akar juga bisa dicari dengan menggunakan formula =SQRT(number). Contoh, untuk mencari akar dari 9, maka kita tulis =SQRT(9) dan akan kita peroleh hasil = 3. Cara yang kedua ini penulis dapatkan dari yahoo answer (http://id.answers.yahoo.com/question/index?qid=20090128055143AAywhK6). Pada saat itu penulis belum mengetahui cara mencari pengakaran, baik cara yang pertama menggunakan tanda (^), maupun cara yang kedua menggunakan =SQRT().

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terima Kasih Atas Kunjungannya Semoga Tulisan di atas Bermanfaat

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | cheap international calls